Home » » Tanda Bos Anda Parasit

Tanda Bos Anda Parasit


Ternyata bos bisa juga menjadi parasit dalam suatu organisasi. Bukannya menyumbang pada keberhasilan kerja team, bos seperti ini malah menyedot seluruh enerji dan kreativitas serta kesuksesan. Apakah bos Anda salah satunya?
Berikut 6 tanda-tanda yang kami kutip dari Forbes.com:

1. Bos semacam ini menyedot seluruh oksigen dalam ruangan
Bila bos seperti ini masuk dalam ruang meeting, dia akan merusak apa pun topik dan arah pembicaraan yang sedang berlangsung dengan level otoritas yang berlebihan dan pemaksaan kekuasaan.

2. Mencuri kredit dari pencapaian orang lain
Dalam banyak organisasi, kesalahan dalam pemberian pengakuan dapat terjadi dengan mudah karena sistem birokrasi pelaporan. Siapa yang melaporkan ke manajemen atas dalam team Anda? Bos Anda? Bos yang parasit akan mencuri pengakuan atas hasil karya atau ide yang bukan dari dirinya sendiri.

3. Menyalahkan bawahan atas kesalahannya sendiri
Sebaliknya dari nomor 2 di atas, bos parasit tidak mau mengakui kesalahannya dan menyalahkan bawahan atas kesalahan yang dia lakukan.

4. Perlahan-lahan menghabiskan enerji Anda
Bos parasit adalah ahlinya dalam memberi beban pekerjaan yang banyak kepada Anda, tetapi dia juga tahu batasnya agar Anda tidak segera resign. Mereka akan membuat Anda terus bekerja keras untuk dia. Tidak ada timbal-balik dalam hal ini, Anda hanya akan merasa dieksploitasi.

5. Membatasi sirkulasi ide dan informasi
Pengetahuan adalah kekuasaan, dan bos yang buruk menyimpan pengetahuan dengan serakah. Bila hanya ada 1 anggota team yang memiliki cukup informasi untuk memahami gambaran besar perusahaan, dan orang itu adalah bos Anda, maka dia adalah parasit.

6. Bereaksi berlebihan bila otoritasnya terancam
Segala usaha yang Anda lakukan untuk memperbaiki keadaan dengan menghadap bos parasit ini, akan ditolak olehnya. Walaupun cenderung resisten, Anda harus mencobanya. Bila tidak, Anda akan terus menjadi korban.