Home » » Jenis-Jenis Posisi Klep Mesin 4 Tak

Jenis-Jenis Posisi Klep Mesin 4 Tak

Tipe Side Valve (SV)/Klep samping.
Camnya terpasang pada poros engkol dan mendorong keatas untuk menggerakkan klep.
Klep-klep ditempatkan disamping piston dan oleh karena itu, ruang pembakaran dapat le­bih besar. tipe model ini memungkinkan menghasilkan perbandingan kompresi yang lebih besar dan dapat mengurangi bobot mesin.
Tipe ini coeok untuk tipe mesin putaran rendah yang banyak dipakai pada mesin industri.

Tipe Over Head Valve (O.H.V) / Klep berada diatas
Ciri utama dari tipe ini adalah klep berada diatas piston. dan digerakkan oleh "rocker arm" sehingga ruang kompresi dapat dibuat lebih kecil sehingga menghasilkan pebandingan kompresi yang tinggi. menyebabkan tenaga me sin dapat lebih besar.

Tipe Single Overhead Camshaft ( S.O.H.C )

Batang penekan bisa ditiadakan, sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Posisi “Cam” berada di atas dan di tengah cylinder, dan digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam, dimana cam memutar rocker arm. Komponen yang sedikit membuat stabil pada putaran tinggi.


Tipe Double Over Head Camshaft (D.O.H.C)
Untuk tipe ini, rocker arm ditiadakan. Klepmasuk dan klep buang dioperasikan tersendirioleh dua buah cam (Direct push type). Hambatan gerak hanya terdapat dibagian klep dibandingkan dengan tipe SOHC,"valve respon" (pergerakan klep secara spontan) lebih cepat dan akurat.

0 comments: